Halo, Sobat TURU! Siapa disini yang sering merasa kesulitan untuk tidur? Ternyata, kesulitan tidur atau gangguan tidur sudah menjadi permasalahan umum yang sering terjadi oleh sebagian besar orang loh. Gangguan tidur yang terjadi terus menerus dapat mempengaruhi durasi dan kualitas tidur seseorang menjadi tidak baik. Hal ini dapat berdampak pada kesehatan seseorang karena kurang tidur dapat meningkatkan depresi, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, penting untuk diketahui beberapa gangguan tidur dan cara untuk mengatasinya. Dengan begitu, maka Sobat TURU dapat mengurangi dan mencegah gangguan tidur tersebut tanpa menghambat tidur nyenyak.

Gangguan Tidur dan Cara Mengatasinya

  • Insomnia

Biasanya orang yang insomnia akan merasakan terus menerus kesulitan untuk tidur di malam hari. Hal ini membuat diri mereka menjadi kurang tidur dan berdampak pada rasa ngantuk yang berlebih di siang hari. Sehingga kalian dapat melakukan terapi, menggunakan alat bantu tidur dan merubah kebiasaan sebelum tidur. Contohnya adalah dengan memastikan kondisi kasur dan ruangan bersih dan nyaman, tidur dan bangun di jam yang konsisten setiap harinya serta menghindari konsumsi kafein yang berlebih.

  • Sleep apnea

Salah satu gangguan tidur yang paling umum selain insomnia adalah sleep apnea. Penderita sleep apnea akan merasakan gangguan pernapasan yang terhenti-henti saat tidur. Hal ini tentu akan sangat mengganggu kualitas tidur seseorang. Oleh sebab itu, kalian dapat mencoba untuk tidur dengan posisi miring ke samping atau dapat berkonsultasi ke pihak medis jika merasa sleep apnea kalian sudah parah. Untuk penjelasan lebih detail mengenai sleep apnea, kalian dapat klik disini untuk membaca artikel khusus sleep apnea ya!

  • Parasomnia

Parasomnia adalah gangguan tidur akibat episode abnormal saat tidur. Beberapa contoh parasomnia adalah mengompol, mimpi buruk, berjalan saat tidur dan ketindihan. Namun untuk gangguan tidur parasomnia ini dianjurkan untuk langsung berkonsultasi dengan pihak medis agar dapat dicek sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing. Dan buat kalian yang mau membaca penjelasan lebih lengkap mengenai ketindihan bisa klik disini ya!

Umumnya, beberapa gangguan tidur di atas memiliki beberapa tanda yang sama. Pertama, akan merasakan kesulitan untuk tidur di malam hari sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk terlelap. Kedua, kesulitan untuk tetap terbangun dan produktif di siang hari karena kekurangan tidur. Dengan mengetahui beberapa gangguan tidur yang umumnya terjadi, maka dapat meningkatkan kesadaran kalian untuk bisa mengatasi atau mencegah gangguan tidur. Semoga bermanfaat ya, Sobat TURU!