Halo Sobat TURU! Siapa disini yang masih percaya bahwa merasa tidak bisa bergerak ketika tertidur ada kaitannya dengan hal mistis yang biasa disebut “ketindihan”? Padahal, ada alasan medis mengapa hal ini bisa terjadi loh. Yuk kita pelajari seputar sleep paralysis lebih lanjut!

Sleep paralysis adalah salah satu gangguan tidur yang menyebabkan seseorang kesulitan menggerakkan tubuhnya sekalipun dalam keadaan sadar. Hal ini umumnya terjadi ketika seseorang berada di masa transisi antara tertidur dan terbangun. Kondisi ini jarang mengakibatkan masalah serius. Namun, sleep paralysis terkadang menjadi salah satu gejala narkolepsi, yaitu gangguan tidur yang mengakibatkan penderitanya tidak mampu mengontrol rasa kantuk.

 

Penyebab Sleep Paralysis

Sleep paralysis adalah fenomena yang dapat terjadi pada semua orang, di mana beberapa penyebabnya antara lain:

  • Waktu tidur yang tidak cukup.
  • Stres berat.
  • Gangguan mental, seperti depresi, bipolar, atau anxiety disorder.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu.
  • Kebiasaan merokok.
  • Perubahan pola tidur atau tidur di tempat yang tidak nyaman.
  • Konsumsi kafein dan minuman beralkohol secara berlebihan.

 

Cara Mengatasinya

Sleep paralysis adalah kondisi yang tidak memerlukan penanganan medis dan dapat membaik seiring waktu. Cara menghindari sleep paralysis dapat dilakukan dengan menerapkan kebiasaan tidur yang baik, di antaranya:

  1. Tidur Cukup

Tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur bisa memicu terjadinya sleep paralysis. Oleh karena itu, usahakan selalu mencukupi waktu tidur kamu selama 7-9 jam per hari. 

  1. Terbiasa Tidur dan Bangun di Jam yang Sama

Cara efektif untuk mengatasi sleep paralysis adalah membiasakan diri tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari, sekalipun kamu sedang libur. Kebiasaan ini akan mendukung jam biologis tubuh dan keseluruhan fungsi tubuh secara optimal.

  1. Melakukan Perawatan Lanjutan

Meningkatkan kualitas tidur seharusnya sudah cukup membantumu dalam mengatasi sleep paralysis. Tetapi, tak jarang penderita membutuhkan perawatan lebih lanjut bersama dokter karena kondisinya tak kunjung membaik.

 

Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas menggunakan kasur yang nyaman agar tidak mengalami Sleep Paralysis ya Sobat TURU!