Hai hai hai, Sobat TURU! Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai dampak yang dapat ditimbulkan dari tidur berlebihan. Oleh sebab itu, di artikel ini akan dijelaskan apa saja tips yang dapat kalian lakukan untuk menghindari tidur berlebihan. Bagi sebagian besar orang, tidur berlebihan sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan tanpa mereka sadari. Sehingga saat mereka ingin mencoba untuk merubahnya akan mengalami beberapa kesulitan. Berikut adalah beberapa tips mudah yang dapat kalian coba untuk menghindari tidur berlebihan.

Tips Menghindari Tidur Berlebihan

Jika kalian merasa bahwa waktu tidur kalian terlalu berlebihan atau sudah kronis, maka kalian dapat berkonsultasi dengan dokter. Namun, sebelum itu kalian bisa mencoba untuk melakukan beberapa kebiasaan sehat untuk mengubah kebiasaan tidur kalian menjadi lebih baik. Berikut adalah beberapa tips mudah yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Menentukan waktu tidur dan bangun secara konsisten

Tips pertama adalah dengan membiasakan pergi tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Dengan begitu, maka kalian akan terhindari dari kekurangan tidur ataupun kelebihan tidur.

  • Memberikan motivasi atau alasan untuk bangun tidur

Tips kedua yang bisa kalian lakukan adalah pikirkan alasan mengapa anda harus bangun tidur di waktu yang telah ditentukan sebelum tidur. Misalnya: remind bahwa akan ada kelas olahraga besok pagi bersama teman-teman. Dengan begitu, maka secara tidak sadar tubuh alam bawah sadar kita akan mendorong untuk bangun di jam tersebut.

  • Merapikan tempat tidur setelah bangun

Tips ketiga adalah dengan langsung merapikan tempat tidur setelah bangun tidur. Sesaat kalian bangun tidur dan masih bersantai-santai di atas kasur, hal ini dapat membuat tubuh merasa semakin malas untuk terbangun dari kasur. Berbeda halnya jika kalian langsung merapikan tempat tidur sesaat bangun tidur, hal ini akan membuat hari-hari kalian menjadi lebih produktif.

  • Menjadi produktif sehari-hari

Kegiatan sehari-hari jika dilakukan dengan produktif maka secara tidak langsung akan membantu tubuh lebih mudah untuk tidur di malam hari. Namun, pastikan untuk menghindari berbagai kegiatan dekat waktu tidur ya agar tidak mengganggu waktu tidur yang telah ditentukan.

  • Menciptakan lingkungan tidur yang mendukung

Hal sederhana yang mungkin sering dihiraukan adalah tidur di lingkungan yang kurang nyaman. Oleh sebab itu perlu kalian pastikan lingkungan tidur yang mendukung. Misalnya: ruang tidur dengan suhu yang dingin dan terhindar dari suara bising hingga cahaya yang terlalu terang. Dengan begitu, maka tubuh akan lebih mudah tidur dan dapat bangun sesuai dengan yang telah dijadwalkan.

Di atas merupakan beberapa tips sederhana yang bisa kalian coba terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pastikan kalian melakukan tips di atas secara konsisten ya agar hasil yang dirasakan juga lebih maksimal. Namun jika tips di atas masih saja tidak dapat mengatasi tidur berlebihan kalian, maka kalian perlu untuk langsung berkonsultasi dengan dokter ya! Semoga tips diatas membantu dan bermanfaat ya Sobat TURU!