Halo, Sobat TURU! Biasanya berapa lama sih waktu tidur kalian sehari-hari? Umumnya waktu tidur yang ideal bagi seseorang akan berbeda-beda tergantung pada kelompok usia loh. Untuk mengetahui waktu tidur ideal sesuai usia kalian, klik disini untuk lebih detailnya ya!

Tidur berlebihan dapat terjadi karena beberapa alasan. Bisa karena kekurangan tidur, sakit, ataupun sedang ingin menghabiskan waktu untuk bersantai dan tidur. Ada pepatah yang mengatakan bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Sama halnya dengan tidur yang berlebihan juga dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh. Namun, bagaimana sih dampak yang ditimbulkan dari tidur berlebihan pada kesehatan tubuh? Yuk, baca terus artikel ini sampai selesai ya Sobat TURU!

Dampak Tidur Berlebihan Bagi Kesehatan Tubuh

Tidur berlebihan dapat memberikan dampak bagi tubuh secara keseluruhan yang akhirnya dapat memberikan efek negatif. Berikut adalah beberapa potensi dampak yang dapat ditimbulkan saat seseorang tidur berlebihan:

  • Meningkatkan berat badan

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur dalam waktu lebih panjang memiliki potensi lebih tinggi untuk meningkat berat badannya. Apalagi, mereka yang tidur berlebihan otomatis akan mengganggu jam produktivitas kesehariannya. Sehingga tidak heran jika terjadi perubahan nafsu makan karena adanya hubungan antara ritme sirkadian dan berat badan.

  • Memperburuk depresi atau kesehatan mental

Cleveland Clinic mengatakan bahwa sekitar 15% orang yang depresi adalah mereka yang terlalu banyak tidur. Di mana tidur berlebihan juga dapat memperburuk gejala depresi. Meskipun ada saatnya kita membutuhkan tidur dengan waktu yang lebih lama, namun tidak boleh terbiasa ya Sobat TURU.

  • Meningkatkan sakit kepala

American Migraine Foundation menyatakan bahwa tidur berlebihan adalah salah satu pemicu sakit kepala yang umumnya terjadi. Hal ini disebabkan karena tidur berlebihan mengganggu neurotransmitter di otak, seperti: seratonin.

Di atas merupakan beberapa dampak yang umumnya terjadi jika seseorang tidur berlebihan. Oleh sebab itu, jangan terbiasa tidur berlebihan ya Sobat TURU! Karena tidak hanya dapat mengganggu waktu tidur dan produktivitas kalian, melainkan juga berpengaruh pada kesehatan tubuh.