Halo Sobat TURU! Setelah membaca blog kemarin, sekarang mungkin kamu bertanya-tanya apakah normal untuk seseorang mengalami hypnic jerk? Jawabannya, sangat normal! Sebanyak 60-70% manusia pernah merasa jatuh saat tidur atau merasakan sensasi kaget saat tidur. Bahkan, hypnic jerk dapat terjadi pada bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. Jadi, kamu nggak perlu cemas berlebihan ya, ketika kamu tiba-tiba mengalami hypnic jerk.

 

Tapi, kenapa ya manusia bisa terkena hypnic jerk? Apa penyebab dari hypnic jerk?

  1. Merasa Tertekan atau Stres

Ketika merasa tertekan, otak jadi lebih aktif bekerja. Bahkan saat ingin tidur kamu masih aja overthinking. Otak jadi bingung nih, sebenarnya kamu mau tidur atau mau mikir sih? Akhirnya, apa yang kamu pikirkan sebelum tidur malah ikut terbawa ke dalam mimpi. Nah, hormon stres pada otak tadi yang memicu otot untuk berkontraksi.

 

  1. Olahraga di Malam Hari

Untuk kamu yang masih suka berolahraga di malam hari, lebih baik dilakukan di pagi atau sore hari, ya. Sebab, berolahraga di malam hari membuat otot tegang dan berpotensi mengalami kejang saat tidur.

 

  1. Stimulan

Pasti banyak dari kalian yang suka meminum kopi. Minuman ini tergolong ke dalam jenis stimulan yang dapat meningkatkan energi dan rangsangan pada otak. Mengonsumsi zat stimulan di malam hari akan menghambat kemampuan tubuh untuk bisa tertidur. Pasalnya, zat kimia dalam stimulan membuat otak tetap bekerja aktif.

 

Cara Menghindari Hypnic Jerk

Meskipun bukan penyakit, hypnic jerk yang dialami secara terus-menerus dapat menyebabkan seseorang mengidap insomnia. Kamu bisa mengatasi atau menghindari hypnic jerk dengan beberapa cara berikut ini:

– Mengurangi asupan kafein

– Melakukan yoga sebelum tidur

– Alih-alih berolahraga berat pada malam hari, lebih baik tidur lebih awal, lalu bangun lebih pagi di keesokan harinya untuk berolahraga

– Menggunakan aromaterapi di kamar

– Meningkatkan kualitas tidur dengan mempraktekkan teknik pernapasan 4-7-8 

– Mengurangi overthinking, terutama saat malam hari

Semoga Sobat TURU bisa terhindar dari hypnic jerk yaa agar dapat tidur nyenyak setiap malamnya!