Halo Sobat TURU? Hampir semua orang tentu pernah mengalami mimpi buruk saat tidur. Mimpi buruk merupakan hal yang tak dapat terhindarkan karena prosesnya berlangsung ketika tubuh berada di fase bawah alam sadar. Banyak orang berpikiran bahwa mengalami mimpi buruk berhubungan dengan hal mistis, tapi nyatanya tidak loh!

Berikut alasan mimpi buruk dapat terjadi:

  1. Sedang mengalami emosi tidak stabil

Segala macam bentuk emosi bisa terbawa tidur dan larut ke dalam mimpi, kemudian menciptakan emosi serupa berupa mimpi buruk. Sebagai contoh, sebelum tidur kamu sedang dikejar deadline. Kondisi ini memicu rasa panik karena takut. Ketika tidur, emosi panik dan takut itu bisa terbawa lalu menghasilkan suasana sama di mimpi, sehingga kamu merasa seperti dikejar hantu atau berada di tempat seram.

 

  1. Efek makan menjelang waktu tidur

Jam makan ternyata dipercaya dapat memberi pengaruh pada mimpi buruk. Teralu banyak makan tinggi gula terutama mendekati waktu tidur dapat membuat tubuh tidak nyaman. Selain itu, makan terlalu dekat dengan waktu tidur memicu otak jadi lebih aktif. Hal ini meningkatkan peluang mengalami mimpi buruk, bahkan kamu jadi lebih mudah mengingatnya.

 

  1. Stres berlebihan

Alasan lain terjadinya mimpi buruk saat tidur bisa dipengaruhi oleh stres berlebihan, trauma, masalah kesehatan mental, atau rasa cemas akut. Kondisi tersebut memicu anxiety dreams karena ini adalah cara untuk memproses atau melepas emosi yang sebelumnya dipendam seharian. Gambaran mimpi buruknya bermacam-macam. Misalnya kamu seperti sedang dikejar-kejar orang jahat, terlambat datang ke sebuah acara, dan tiba-tiba sedih hingga menangis.

 

  1. Kurang tidur

Kurang tidur atau jam istirahat berantakan dapat memengaruhi kualitas tidur jadi menurun, hingga membuat emosi tidak terkontrol. Misalnya saat kurang tidur kamu jadi lebih mudah marah pada hal-hal sepele, bahkan perasaan lebih sensitif. Bentuk emosi tersebut memungkinkan terbawa hingga tidur dan masuk ke dalam mimpi, lalu menciptakan mimpi buruk. Pastikan kalian tidur dengan durasi yang cukup ya Sobat TURU, bisa juga pakai kasur dari TURU untuk tidur yang nyaman dan nyenyak.

 

  1. Usai membaca buku atau menonton film menakutkan

Dikutip dari laman Mayoclinic, pengalaman yang dialami saat kondisi bangun atau sadar dapat berdampak pada mimpi ketika tidur. Misalnya, seusai membaca buku atau menonton film horor. Bagi sebagian orang, aktivitas yang memberi efek seram atau takut terutama sebelum tidur, bisa memicu terjadinya mimpi buruk.

 

Jadi kalau mau nonton film horror, pastikan kalian siap untuk kemungkinan bermimpi buruk ya Sobat TURU!