Halo Sobat TURU? Tahukah kalian kalau kasur busa itu sebenarnya tidak boleh dibiarkan menyerap air karena akan menjadi berat? Nah di blog ini kita akan membahas cara paling efektif untuk mencuci kasur busa dengan benar.

Kalau dibiarkan, kasurmu bisa jadi tempat penuh bakteri dan jamur karena lembab. Meski memang kasur yang kotor dapat memicu alergi, namun jangan sesekali mencucinya karena mencuci kasur busa akan membuatnya jadi sulit diangkat. 

Begini cara mencucinya dengan lebih efektif:

1. Pastikan kasur busa tak berdebu

Sebelum mulai mencuci kasur busa, pertama-tama kasur wajib dibersihkan dari segala macam debu. Sobat TURU bisa membersihkannya dengan memakai vacuum cleaner atau menggunakan sapu lidi khusus kasur.

2. Cuci noda pada kasur busa

Sobat TURU tidak boleh mencuci kasur busa. Namun kalian masih boleh mencuci sebatas noda yang terlihat di kasur busa tersebut.

Coba bersihkan noda menggunakan air & cuka dengan perbandingan 1:1. Sobat TURU juga dapat memakai sabun pembersih yang digosok-gosokkan pakai sikat gigi bersih, khusus ke atas noda.

Perlu diingat, jangan terlalu kasar saat menggosok noda kasur dengan sikat gigi. Sebab hal ini malah akan membuat noda & kotoran lebih masuk ke dalam kasur.

Setelah selesai, bilas menggunakan kain bersih yang telah basah sambil ditepuk-tepuk.

3. Segera keringkan kasur busa

Kasur busa yang telah dibersihkan wajib dikeringkan sesegera mungkin apabila kalian tidak ingin kasur tersebut jadi bau apek.

Jika kasur masih tetap basah, pakailah handuk bersih yang kering untuk menyerap air secara banyak.

4. Jemur kasur busa

Panasnya sinar matahari bisa digunakan untuk mengeringkan kasur busa. Cara ini sangat efektif bukan hanya untuk mengeringkan saja, tapi juga mematikan bakteri & jamur yang tumbuh akibat kasur lembap.

Setelah menjemur kasur busa di bawah sinar matahari, ulangi langkah awal dengan memastikan kasur terhindar dari debu & aneka serangga yang tak sengaja hinggap.

Bersihkan kembali menggunakan sapu lidi khusus kasur ataupun menggunakan vacuum cleaner. Kasur busa pun siap dipakai kembali!

Nah itulah deretan cara mencuci kasur busa tanpa bikin kasur jadi super berat. Sekarang udah ga perlu khawatir lagi deh buat cuci kasurmu, Sobat TURU!