Halo Sobat TURU! Kalian pernah kepikiran ga kenapa kita harus tidur di malam hari? Kenapa tidak tidur di pagi hari saja? Yang penting tidur selama 7 jam kan?

 

Ternyata waktu tidur itu tetap berpengaruh loh, bahkan jika kita sudah mendapatkan durasi tidur yang cukup secara keseluruhan. Durasi tidur penting, tetapi keberaturan dan waktu tidur juga penting. Tidur pada jadwal yang teratur dapat membantu kita mendapatkan lebih banyak energi dan mengurangi risiko kondisi kesehatan. 

 

Satu studi menemukan bahwa mereka yang mendapatkan cukup tidur secara teratur merasa lebih waspada dibandingkan dengan mereka yang mendapatkan cukup tidur, tetapi tidak pada jadwal tidur yang teratur.

 

Orang-orang dengan waktu tidur yang teratur memiliki utang tidur yang lebih rendah daripada mereka dengan waktu tidur yang tidak teratur. Utang tidur adalah jumlah tidur yang kita berikan kepada tubuh kita. Dengan utang tidur yang lebih rendah, kita akan memiliki lebih banyak energi dan dapat melindungi diri dari masalah kesehatan mental dan fisik yang dapat disebabkan oleh kurang tidur.

 

Tidur pada waktu yang sama dapat membantu kita mendapatkan tidur yang tak terputus juga. Tidur yang tak terputus juga dapat membantu pemulihan dan meningkatkan mood. Satu studi menemukan bahwa gangguan tidur lebih merugikan mood daripada mendapatkan jumlah tidur yang sama namun tanpa gangguan.

 

Jadwal tidur yang teratur juga dapat membantu kita tetap selaras dengan ritme sirkadian kita. Dan ini dapat menurunkan risiko masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes.

 

Tidak ada yang salah menjadi burung hantu, terutama jika pekerjaan dan gaya hidup yang memungkinkan untuk tetap selaras dengan ritme sirkadianmu dan mendapatkan cukup tidur. Tetapi pergi tidur dan bangun lebih awal mungkin memiliki beberapa manfaat.

 

Sebuah studi tahun 2019 melihat burung hantu yang menggeser waktu tidur-bangun mereka sekitar dua jam lebih awal, tanpa mengorbankan durasi tidur. Perubahan ke jadwal tidur lebih awal ini terkait dengan peningkatan depresi dan stres yang dilaporkan sendiri dan kinerja mental dan fisik yang lebih baik di pagi hari.

 

Penelitian lebih baru memiliki temuan yang serupa. Sebuah studi tahun 2023, yang ditulis bersama oleh salah satu penasihat tidur yaitu Jamie Zeitzer, menemukan bahwa pergi tidur lebih awal terkait dengan penurunan risiko gangguan kesehatan mental dan fisik.

 

Tidak jelas mengapa waktu tidur-bangun lebih awal memiliki efek ini, tetapi mungkin karena tidur lebih awal terkait dengan pilihan gaya hidup yang lebih sehat dan mendapatkan lebih banyak cahaya alami, yang membantu mengatur jam tubuh kita. Mungkin juga karena mereka yang tidur lebih larut seringkali tidak mendapatkan cukup tidur.

 

Jadi, kalau ada kesempatan untuk tidur lebih awal jangan sampai disepelekan ya Sobat TURU! Karena banyak manfaatnya loh untuk tubuh.