Sesekali merasa haus di tengah malam adalah pengalaman umum bagi semua orang. Namun, jika ini terjadi secara sering, bisa menimbulkan kekhawatiran tentang apa yang mungkin salah dengan tubuh kita. Ketika kita sering terbangun karena merasa haus, penyebabnya bisa bervariasi dari yang ringan hingga berisiko. Bahkan, masalah kesehatan bisa menjadi alasan kamu terus merasa haus di tengah malam.

 

Menurut Heathline, berikut adalah penyebab haus di malam hari yang sering:

 

  1. Kondisi kamar yang tidak nyaman: Disarankan untuk tidur di ruangan yang lebih dingin daripada hangat untuk tidur yang nyenyak. Suhu optimal kamar untuk tidur adalah antara 16 hingga 21 derajat Celsius. Jika kamu sering merasa haus, bisa jadi karena udara di kamarmu terlalu panas.

 

  1. Dehidrasi: Jumlah air yang dibutuhkan setiap orang bervariasi tergantung pada aktivitas masing-masing. Memantau asupan air sangat penting bagi semua orang, dan rasa haus tidak selalu menunjukkan tingkat hidrasi yang tepat. Umumnya, minum delapan gelas sehari adalah pedoman yang baik.

 

  1. Kandungan obat: Beberapa jenis obat seperti inhibitor SGLT2, antipsikotik, antidepresan, antikonvulsan, dan antikolinergik dapat menyebabkan rasa haus. Konsultasikan dengan dokter jika kamu mengonsumsi salah satu dari obat-obatan ini. Tanyakan tentang alternatif agar kamu bisa tidak terus merasa haus di malam hari.

 

  1. Menderita Sleep Apnea: Sleep apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan seseorang berhenti bernapas secara berulang selama tidur. Oleh karena itu, penderita sleep apnea biasanya bernapas melalui mulut. Hal ini dapat menyebabkan mulut menjadi kering, sehingga sedikit air liur yang diproduksi. Akibatnya, penderita sleep apnea lebih mungkin merasa haus di tengah malam.

Jangan sepelekan kebiasaan haus di tengah malam ya, Sobat TURU! Karena tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk kesehatan tubuhmu.