Hai hai hai, Sobat TURU! Sering mengalami sakit punggung saat tidur di malam hari yang membuat tidur terganggu? Buat para penderita sakit punggung pasti tidak heran lagi jika di malam hari tubuh akan lebih sulit untuk tertidur nyenyak. Dan tentu hal ini menjadi sebuah permasalahan yang terus dikhawatirkan dan dicari untuk solusinya. Biasanya mereka akan gerak bolak balik demi mencari posisi tidur yang lebih nyaman untuk mengurangi atau mengatasi nyeri punggungnya. Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa tips mudah yang bisa Sobat TURU coba untuk mengurangi sakit punggung.

Tips Mudah Tidur Nyenyak Dengan Sakit Punggung

Memastikan posisi tidur mendukung

Setiap orang tentu memiliki kebiasaan posisi tidur yang berbeda-beda. Jika seseorang terbiasa tidur menyamping, maka perlu menambahkan bantal diantara kedua lututnya atau menggunakan bantal tubuh. Dengan begitu, maka lengan atas dan lutut menjadi tertopang sehingga tulang belakang tetap lurus saat tidur menyamping dan mencegah sakit punggung. Namun sangat tidak direkomendasikan jika kalian tidur dengan posisi tengkurap. Hal ini disebabkan karena dapat memunculkan nyeri punggung karena tidur tidak mengandalkan tulang belakang dan memberikan tekanan bagi otot punggung. Buat kalian yang sering nyeri punggung boleh mencoba untuk mengutamakan tidur dengan posisi terlentang. Di posisi ini, kepala, leher dan tulang belakang kalian berada pada posisi sejajar sehingga dapat mengurangi kemungkinan nyeri punggung.

Memilih kasur yang sesuai

Pemilihan kasur juga menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan jika kalian terus mengalami sakit punggung saat tidur. Menurut Hello Sehat, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang sakit punggung lebih baik menggunakan kasur dengan kekerasan medium. Pastikan kasur kalian cukup keras dan menyesuaikan dengan kenyamanan tubuh kalian ya.

Jadi, buat kalian yang sering sakit punggung saat tidur boleh mencoba tips di atas ya. Pastikan juga sebelum tidur tubuh kalian rileks dan menghindari aktivitas berat sebelum tidur. Dengan begitu, maka secara tidak sadar tubuh akan mengisyaratkan bahwa saat itu sudah waktunya untuk tidur.