Halo Sobat TURU! Pernah ga sih kalian sadar bahwa kalian sedang bermimpi? Lucid dream adalah fenomena ketika seseorang menyadari sepenuhnya bahwa dirinya sedang bermimpi. Namun, masih banyak orang yang menganggap bahwa fenomena ini berkaitan dengan hal-hal bersifat mistis. 

 

Jadi, apa sebenarnya lucid dream itu?

 

Ketika kita tertidur, gelombang otak terkadang masih aktif sehingga kita akan berada di fase tidur REM lebih lama. Gelombang otak yang masih aktif ini akan membuat kita merasa berada di antara fase tertidur dan terjaga. Kondisi inilah yang membuat fenomena mimpi, termasuk lucid dream terjadi.

 

Saat mengalami mimpi biasa, seseorang mungkin lupa dengan detail cerita yang ada di dalam mimpi keesokan harinya. Namun, hal ini berbeda saat seseorang mengalami lucid dream. Seseorang yang mengalami lucid dream akan mengingat setiap detail dari mimpi yang dialaminya dan seakan-akan ikut mengalami kejadian yang ada di dalam mimpinya tersebut. Inilah yang membuat seseorang memiliki kendali atas lucid dream yang ia alami.

 

Riset menunjukkan bahwa orang yang sering meditasi akan lebih mudah mengalami lucid dream. Hal ini karena kegiatan meditasi dapat melatih seseorang untuk lebih rileks dan tenang, sehingga kualitas tidurnya lebih baik dan lucid dream yang dialaminya bisa terasa lebih nyata.

 

Lucid dream bukanlah suatu gangguan kesehatan yang perlu kita waspadai. Menurut suatu studi, hampir setiap orang pernah mengalami lucid dream setidaknya satu kali seumur hidupnya. Bahkan, ada survei yang menyebutkan bahwa sekitar 55% orang dewasa pernah mengalami lucid dream.

 

Meski begitu, jika kalian mengalami mimpi atau lucid dream yang sama terus-menerus, terlebih jika pernah mengalami trauma psikologis, ada kemungkinan mimpi tersebut merupakan gejala gangguan psikologis, seperti post-traumatic stress disorder atau PTSD.

 

Oleh karena itu, kalau kalian sering mengalami lucid dream yang disertai gangguan tidur atau masalah psikologis tertentu, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Kalau kalian pernah tidak mengalami lucid dream, Sobat TURU?