Hai hai hai, Sobat TURU! Seperti yang sudah pernah dijelaskan di artikel sebelumnya bahwa setiap posisi tidur memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Di mana hal ini akan bergantung pada posisi tidur mana yang lebih cocok dan dibutuhkan bagi tubuh kalian. Namun, pada artikel ini mimin akan fokus pada posisi tidur terlentang. Terdapat beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mencapai tidur terbaik dengan posisi tidur terlentang loh! Jadi, baca terus sampai selesai ya Sobat TURU…

Tips Tidur Di Posisi Terlentang

Umumnya, tidur dengan posisi terlentang merupakan salah satu posisi tidur yang aman karena dapat meminimalisir jumlah tekanan bagi tulang belakang dan leher. Namun posisi tidur ini tidak cocok bagi penderita sleep apnea karena dapat menyebabkan saluran pernapasan terhambat dan menyempit. Meskipun begitu, terdapat beberapa tips sederhana yang bisa membantu memaksimalkan kualitas tidur kalian saat tidur dengan posisi terlentang.

Pertama, kalian dapat memastikan pemilihan bantal yang sesuai. Untuk menjaga leher tetap dalam posisi yang sejajar dengan tulang belakang, maka perlu dipastikan bantal kepala yang digunakan sejajar dengan tulang belakang. Jangan menggunakan bantal kepala yang terlalu tinggi atau lebih tebal dari jarak maksimal dari leher ke bahu kalian. Dengan begitu, maka kalian akan menghindari terjadinya nyeri leher, bahu dan sakit kepala.

Kedua, kalian juga dapat meletakkan bantal di bawah lutut. Hal ini dilakukan untuk menjaga tulang belakang dan pinggul tetap berada dalam posisi yang netral. Dengan begitu maka tulang belakang, leher, dan pinggul berada dalam posisi yang rileks dan dapat menghindari terjadinya nyeri pinggang atau tulang belakang.

Tidur Terlentang

Sumber: Sleep Foundation

Jadi, buat kalian yang terbiasa untuk tidur terlentang bisa mencoba untuk menerapkan kebiasaan di atas ya. Dengan meletakkan bantal di bawah lutut dan memastikan pemilihan bantal kepala yang tepat, maka dapat meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan. Sehingga tidur kalian dapat lebih nyaman dan aman tanpa harus khawatir lagi deh!