Halo Sobat TURU! Ada yang disini masih menolak tidur di siang hari karena takut tidak bisa tertidur nyenyak malamnya? Pasti kalian belum tahu istilah ‘Power Nap’ ya!

 

Power nap, atau tidur singkat, menawarkan sejumlah manfaat yang signifikan, menurut Dr. Michael Grandner dari Sleep and Health Research Program di University of Arizona, Tucson. Durasi 15 hingga 45 menit dapat meningkatkan daya ingat dan mengurangi kelelahan sepanjang hari. Praktik ini umum di perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Nike, dan NASA, serta menjadi budaya di Jepang dengan istilah Inemuri.

 

Manfaat power nap meliputi peningkatan kemampuan pemecahan masalah, belajar, dan daya ingat, menjaga stamina, mengurangi stres, serta risiko penyakit jantung dan kesalahan dalam pekerjaan. Berbeda dengan kopi yang bisa menurunkan kinerja memori, tidur siang justru memberikan manfaat lebih besar.

 

Untuk optimalisasi, power nap sebaiknya dilakukan secara teratur antara jam 1 dan 3 siang di lingkungan yang sunyi, gelap, dan sejuk. Namun, perlu diingat, tidur siang lebih dari satu jam dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Dr. Grandner menyarankan untuk memperhatikan alasan tidur siang; jika untuk meningkatkan produktivitas, itu baik, tetapi jika karena kantuk berlebihan, bisa jadi tanda masalah kesehatan. 

 

Power nap adalah alat efektif untuk meningkatkan produktivitas asalkan dilakukan dengan benar. Jangan kebablasan, karena lebih banyak dampak buruk daripada baiknya. Ingatlah bahwa power nap seharusnya mendukung pekerjaan, bukan alasan untuk menundanya.

 

Jadi, jangan takut lagi untuk tidur di siang hari ya Sobat TURU, Yang penting tidak kebablasan!