Untuk beberapa orang, terbangun tengah malam secara tiba-tiba saat sedang tidur merupakan hal yang sering terjadi. Jika kondisi tersebut dialami, bukan hanya kualitas tidur saja yang mengalami penurunan, kurang tidur juga memicu rasa kantuk keesokan harinya. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti suhu kamar yang terlalu panas, minum kopi sebelum tidur, atau masalah kesehatan tertentu. 

 

Bagaimana pun terbangun tengah malam terasa sangat tidak nyaman, apalagi jika sering terjadi. Tidak ingin selalu terbangun tengah malam? Berikut langkah-langkah untuk mengatasi kebiasaan terbangun tengah malam:

 

  • Hindari Makanan Pedas Sebelum Tidur

Kebiasaan bangun tengah malam biasanya terjadi karena ingin buang air kecil. Keinginan tersebut harus dilakukan jika tidak ingin mengompol saat tidur. Salah satu alasan dari kebiasaan buang air kecil adalah konsumsi makanan pedas sebelum tidur. Makanan ini menjadi salah satu jenis makanan yang harus dihindari jika ingin memiliki jam tidur berkualitas.

 

  • Sesuaikan Suhu Kamar Senyaman Mungkin

Suhu ideal kamar yang nyaman berada pada angka 20–23 derajat Celcius. Bukan hanya suhu saja yang harus disesuaikan senyaman mungkin, kamar juga harus berada dalam kondisi yang bersih. Jangan lupa untuk rutin mengganti seprai dan sarung bantal agar selalu wangi sehingga tidur menjadi lebih nyaman.

 

  • Lakukan Meditasi

Sering melakukan meditasi menjadi salah satu solusi untuk mengatasi insomnia. Dengan meditasi, tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, sehingga kualitas tidur dapat meningkat. Meditasi juga membuat kamu lebih mudah untuk memasuki tahapan tidur yang lebih dalam. Bukan hanya aman dan mudah untuk dilakukan, meditasi juga ampuh guna menurunkan tekanan darah, membantu meredakan rasa sakit, serta mengatasi depresi. 

 

  • Konsumsi Makanan Berat Saat Sarapan

Mengonsumsi makanan berat menjadi langkah selanjutnya untuk mengatasi kebiasaan terbangun tengah malam. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah masalah gangguan pencernaan, seperti diare, perut kembung, hingga buang gas. Mengonsumsi makanan berat saat sarapan dengan gizi dan nutrisi yang seimbang akan mengurangi nafsu makan di jam makan berikutnya. Hal tersebut mencegah kamu makan berlebihan di malam hari dan terbangun karena gangguan pencernaan.

 

  • Kurangi Durasi Tidur Siang

Jika sering mengalami terbangun saat tidur di malam hari akibat jam tidur siang yang terlalu lama, maka kamu perlu mengurangi durasinya. Tujuannya agar jam tidur malam tidak terganggu. Selain itu, jangan tidur siang setelah jam 3 sore, karena akan mengacaukan jam tidur di malam hari. 

 

Semoga tips-tips di atas membantu kamu bisa tidur dengan nyenyak tanpa terbangun lagi ya, Sobat TURU!