Hai hai hai, Sobat TURU! Pada saat ini, semakin berkembangnya teknologi membuat semakin banyak orang yang tidak bisa hidup tanpa perangkat elektronik. Bisa dikatakan bahwa manusia dan perangkat elektronik menjadi satu kesatuan yang hidup berdampingan. Bahkan sampai tidur-pun perangkat elektroniknya akan terus disimpan berdekatan. Masih banyak orang yang melakukan kebiasaan tersebut tanpa mengetahui dampak yang dapat ditimbulkan bagi tubuhnya. Oleh sebab itu, di artikel ini akan dijelaskan bagaimana dampak yang ditimbulkan dari perangkat elektronik terhadap tidur kalian. Yuk, pantengin terus ya!!

Perangkat Elektronik Mempengaruhi Tidur

Sebagian besar orang akan menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur. Salah satu contoh yang paling umum adalah menggunakan handphone untuk membuka media sosial atau menonton drama. Padahal hal tersebut adalah kebiasaan buruk yang dapat mengganggu pola tidur dan kualitas tidur kalian.

Perangkat elektronik seperti handphone, TV atau laptop memiliki cahaya biru yang akan dipancarkan saat kita menggunakannya. Cahaya biru itulah yang akan mengganggu tidur kalian karena berpotensi membahayakan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Cahaya biru dapat menghambat produksi melatonin di tubuh yang menyebabkan semakin sulit tubuh untuk tertidur di malam hari.

Melatonin adalah hormon yang dapat mengatur siklus tidur dan bangun serta hormon yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Produksi melatonin akan meningkat di malam hari dan menurun saat terpapar di siang hari. Oleh sebab itu, jika kalian terbiasa menggunakan perangkat elektronik di malam hari produksi melatonin akan terhambat. Tidak hanya itu, melainkan juga akan menurunkan kualitas tidur.

Tips Menggunakan Elektronik di Malam Hari

  • Meminimalisir screen time sebelum waktu tidur. Kalian dapat mencoba kebiasaan untuk mengurangi screen time perangkat elektronik sebelum waktu tidur. Dengan begitu, maka tubuh kalian tidak akan terus tertarik untuk menggunakan perangkat elektronik. Sehingga tubuh akan lebih mudah untuk tertidur.
  • Beralih ke mode malam (night mode). Dengan mengaktifkan mode malam hari di perangkat elektronik, maka akan mengurangi cahay biru yang dipancarkan. Sehingga semakin sedikit cahaya biru yang dipantulkan akan semakin sedikit juga gangguan produksi melatonin pada tubuh.

Terdapat berbagai cara lainnya yang bisa kalian lakukan untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan dari perangkat elektronik pada tidur kalian. Dengan memahami dampak negatif perangkat elektronik pada tidur, maka akan meningkatkan kesadaran kalian untuk mulai mengubah kebiasaan sebelum tidur. Jadi, ingat ya Sobat TURU untuk memperhatikan pola tidur dan kualitas tidur kalian agar tidak terganggu oleh kebiasaan buruk kalian.