Mengapa Siklus Tidur itu Penting?

Tahapan tidur penting karena memungkinkan otak dan tubuh pulih dan berkembang. Kegagalan mendapatkan tidur nyenyak dan tidur REM yang cukup dapat menjelaskan beberapa konsekuensi besar dari kurang tidur terhadap pemikiran, emosi, dan kesehatan fisik. Orang yang sering terbangun pada tahap-tahap awal tidur, seperti penderita apnea tidur, mungkin kesulitan untuk memasuki tahap-tahap tidur yang lebih nyenyak ini dengan benar. Penderita insomnia mungkin tidak mendapatkan tidur total yang cukup untuk mengumpulkan waktu yang dibutuhkan di setiap tahap.

Lalu Bagaimana Cara Mendapatkan Siklus Tidur yang Lebih Sehat?

  • Fokus pada peningkatan kebersihan tidur, yang mengacu pada lingkungan tidur dan kebiasaan terkait tidur dengan membersihkan kasur, bantal, dan sprei secara rutin
  • Mendapatkan jadwal tidur yang lebih konsisten
  • Mendapatkan paparan sinar matahari alami
  • Menghindari alkohol sebelum tidur
  • Menghilangkan gangguan kebisingan dan cahaya

Jika kalian merasa kantuk berlebihan di siang hari atau merasa mengalami gangguan tidur seperti sleep apnea, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan tindakan yang tepat. Mengatasi masalah mendasar dapat membuka jalan bagi siklus tidur yang lebih ideal loh, Sobat TURU!