Halo, Sobat TURU! Apakah kalian pernah terpikirkan bahwa kebiasaan sebelum tidur dapat memberikan pengaruh bagi lingkungan? Mungkin sebagian besar orang tidak mengetahui atau memahami bahwa kebiasaan tidur dapat memberikan dampak positif atau negatif bagi lingkungan. Padahal nyatanya, kebiasaan sebelum tidur memiliki peranan yang penting bagi kesehatan lingkungan loh! Berikut adalah beberapa tips kebiasaan sebelum tidur yang bisa kalian lakukan untuk menjaga bumi tetap sehat.

Kebiasaan Sebelum Tidur Untuk Menjaga Bumi Tetap Sehat

  • Matikan Perangkat Listrik / Elektronik

Kalian dapat mencoba untuk membiasakan mematikan perangkat listrik atau elektronik yang sudah tidak digunakan sebelum tidur. Tidak hanya dapat menghemat listrik dan menjaga bumi ini, tetapi juga bisa mendukung kualitas tidur. Hal ini disebabkan cahaya biru yang dipancarkan oleh barang elektronik dapat mengurangi hormon melatonin. Dengan tidak menggunakan barang elektronik sebelum tidur, maka kualitas tidur akan meningkat dan kesehatan bumi juga terbantu terjaga.

  • Pastikan AC Dalam Suhu Optimal

AC dalam suhu yang optimal dapat mempengaruhi lingkungan tidur. Lingkungan tidur yang nyaman dan sejuk dapat membuat tubuh lebih mudah untuk tidur terlelap. Dengan memastikan AC dalam suhu yang optimal, maka ritme tidur terjaga dan dapat menghemat listrik sekaligus mengurangi tagihan listrik kalian juga loh!

  • Periksa Keran Air

Dengan memastikan keran air tidak terbuka, maka kalian sudah ikut dalam menghemat air. Kebiasaan sebelum tidur ini dapat membantu menjaga lingkungan tidur yang eco-friendly. Hal ini disebabkan karena kalian dapat tidur dengan nyaman dan aman tanpa khawatir menghamburkan air.

Buat yang sebelumnya tidak mengetahui bahwa kebiasaan sebelum tidur memiliki peranan yang penting. Kini kalian sudah mengetahui kan bahwa kebiasaan tidur yang tepat ternyata dapat membantu menjaga bumi ini agar tetap sehat loh! Jadi dengan mulai mengambil langkah kecil dengan menerapkan kebiasaan tidur yang tepat, kalian telah mengambil bagian dalam merawat bumi ini.