Halo Sobat TURU! Apakah kalian tahu kalau posisi bantal itu penting dalam tidur karena dapat mempengaruhi kualitas tidurmu? Jika tidak tepat, bantal dapat menyebabkan ketegangan dan nyeri. Nah, tidur dengan bantal tinggi bisa bermanfaat loh, seperti mengurangi gangguan tidur dan memastikan tidur yang berkualitas untuk pemulihan tubuh dan aktivitas harian yang optimal. Berikut manfaat lain dari tidur dengan bantal tinggi:

 

  1. Mengurangi pernapasan mulut 

Apakah kamu pernah merasakan mulut yang sangat kering ketika bangun? Jika iya, kemungkinan besar penyebabnya adalah karena kamu bernapas melalui mulut saat tidur. Pernapasan mulut bisa dikaitkan dengan masalah penurunan fungsi paru-paru yang pada akhirnya turut menurunkan kualitas tidur. Dengan posisi kepala yang lebih tinggi, kamu bisa meminimalisir pernapasan mulut, termasuk mempermudah pernapasan melalui hidung lewat saluran udara yang lebih terbuka. 

 

  1. Mengurangi dengkuran dan Sleep Apnea

Manfaat tidur dengan bantal tinggi lainnya adalah kamu akan meminimalisir dengkuran dan terjadinya sleep apnea. Mendengkur sendiri sebenarnya juga bisa merupakan indikasi sleep apnea. Dengan posisi kepala atau badan bagian atas yang lebih tinggi, cara tersebut dapat membantu melancarkan pernapasan sehingga kamu dapat mencegah gangguan tidur. 

 

  1. Meredakan kepala tersumbat 

Mencoba tidur saat sakit memang bisa menjadi tantangan tersendiri. Berbaring dengan posisi netral justru bisa membuat kondisimu semakin buruk. Hal ini karena saluran sinus semakin terganggu dan akhirnya menambah tekanan ekstra di kepala. Nah, dengan posisi kepala yang ditinggikan, lendir akan lebih mudah mengalir, memungkinkanmu untuk tidur lebih nyenyak. 

 

  1. Mengurangi risiko reflux 

Mencegah asam lambung yang naik ke kerongkongan adalah manfaat tidur dengan bantal tinggi lainnya yang bisa kamu peroleh. Selain posisi kepala yang ditinggikan, orang dengan masalah asam lambung juga disarankan untuk tidur miring ke kiri untuk mencegah reflux. 

 

  1. Meningkatkan sirkulasi darah 

Manfaat tidur dengan bantal tinggi berikutnya adalah membantu meningkatkan aliran darah ke jantung serta membantu sistem peredaran darah Anda bekerja lebih efisien. Sirkulasi darah yang lancar dapat meminimalisir munculnya gangguan tidur. 

 

Ternyata tidur dengan bantal tinggi banyak juga ya manfaatnya, jadi ketika memilih bantal jangan lupa perhatikan kualitasnya ya, Sobat TURU!