Halo, Sobat TURU! Siapa disini yang merasa ingin dan harus mengatur ulang jadwal tidur agar menjadi lebih baik? Mungkin beberapa diantara kalian ada yang merasa bahwa jadwal tidurnya sedang berantakan belakangan ini. Baik karena adanya pergantian shift kerja ke malam hari atau karena bepergian ke tempat yang zona waktunya berbeda. Terdapat beberapa alasan yang dapat membuat jadwal tidur kalian terganggu karena aktivitas kehidupan sehari-hari dan berujung pada kesulitan untuk tidur. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena jadwal tidur dapat kalian atur ulang kembali ke waktu yang benar loh! Berikut beberapa tips yang dapat kalian lakukan untuk mengatur ulang jadwal tidur kalian. Simak sampai habis ya, Sobat TURU!

Tips Mengatur Ulang Jadwal Tidur

Mengatur ulang jadwal tidur saat kalian merasa waktu tidur sedang berantakan adalah salah satu tindakan yang tepat. Meskipun membutuhkan waktu untuk mengembalikan jadwal tidur ke arah yang lebih baik, namun hal ini dapat berguna jika dilakukan dengan konsisten. Kunci utama untuk mengatur ulang jadwal tidur yang berbeda adalah dengan membiarkan tubuh beradaptasi. Beradaptasi seperti apa sih? Kalian dapat membiasakan tubuh terbiasa dengan beberapa rutinitas sebelum tidur yang dapat membantu memudahkan untuk tidur. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kalian biasakan untuk mengembalikan jadwal tidur.

  • Mengubah waktu tidur

Jika jadwal tidur kalian berantakan dan membuat waktu tidur selalu di waktu subuh, maka kalian dapat mempercepat waktu tidur. Misalnya kalian dapat bersiap untuk tidur mulai pukul 21.00 agar tubuh terbiasa untuk tidur di waktu tersebut. Rencanakan terlebih dahulu jam berapa kalian bersiap untuk tidur dan pastikan sudah tidak ada kegiatan lainnya yang harus dikerjakan.

  • Memastikan ruangan tidur gelap

Kebiasaan yang penting untuk dilakukan adalah dengan memastikan ruangan tidur dalam kondisi yang gelap untuk memberi tanda bagi tubuh bahwa sudah saatnya untuk tidur. Dengan kondisi ruangan yang gelap, maka akan memudahkan rencana waktu tidur kalian sesuai dengan yang telah ditentukan.

  • Menghindari cahaya biru

Kebiasaan yang sering dilakukan sebagian besar orang sebelum tidur adalah menggunakan perangkat seluler. Padahal cahaya biru yang muncul dari perangkat seluler dapat menekan hormon melatonin yang mengganggu ritme tidur. Jadi, kalian bisa menghindari penggunaan telepon genggam, komputer atau TV sebelum waktu tidur yang sudah kalian rencanakan.

Tips utamanya adalah dengan membiasakan tubuh beradaptasi dengan waktu tidur yang baru. Kalian dapat menyesuaikan rutinitas sebelum tidur yang baru secara perlahan dan konsisten. Mulai dari pastikan lingkungan tidur yang mendukung, menerapkan kebiasaan sehat sehari-hari dan kebiasaan sebelum tidur yang tepat. Hal ini dapat mendukung dan mempercepat kalian untuk tertidur nyenyak sesuai dengan jadwal tidur baru yang sudah kalian tetapkan.