Halo, Sobat TURU! Kalian familiar ga sih dengan posisi tidur fetal? Atau mungkin kalau kalian tidak familiar dengan posisi tidur fetal, mungkin kalian familiar dengan posisi tidur meringkuk? Yap, jadi keduanya itu sama aja loh Sobat TURU! Mau dikenal sebagai posisi tidur fetal ataupun meringkuk, keduanya sama-sama posisi tidur yang menyerupai janin. Kenapa sih kok bisa dibilang menyerupai janin? Hal ini dikarenakan posisi tidur fetal adalah posisi saat seseorang berbaring miring dan mengangkat lututnya ke dada dengan posisi meringkuk yang membentuk seperti bola. Lalu, apa sebenarnya manfaat yang diberikan dari posisi tidur fetal? Yuk, simak artikel ini sampai habis untuk penjelasan lebih lengkapnya!

Manfaat Tidur Dengan Posisi Fetal

Terdapat beberapa manfaat yang dapat diterima bagi mereka yang memiliki kebiasaan tidur dengan posisi fetal. Namun, bukan berarti posisi tidur fetal ini direkomendasikan untuk setiap orang. Melainkan terdapat beberapa kelompok orang yang baru dapat menerima manfaatnya dengan maksimal, seperti berikut ini:

  • Orang yang sedang hamil

Posisi tidur fetal dapat menjadi pilihan posisi tidur yang tepat bagi mereka yang sedang hamil. Hal ini disebabkan karena posisi tidur fetal dapat mengurangi tekanan pada jantung. Para ahli merekomendasikan agar mereka yang sedang hamil dapat menambahkan bantal di bawah perut dan di antara kaki untuk membantu menopang perut. Dengan begitu, maka dapat meningkatkan keselarasan tulang belakang saat tidur menyamping.

  • Orang yang mengalami sakit punggung

Tidur dengan posisi fetal dapat membantu meredakan nyeri dan merelaksasi tulang belakang. Namun perlu dipastikan agar tulang belakang sejajar sehingga tidak ada tekanan berlebih di leher yang dapat menyebabkan nyeri leher. Selain itu, kalian dapat menambahkan bantal di antara kedua kaki untuk membantu menjaga keselarasan tulang belakang.

  • Orang yang mengalami sleep apnea

Tidak hanya tidur miring yang dapat mengurangi gejala sleep apnea, melainkan tidur dengan posisi fetal juga memiliki manfaat yang sama. Posisi tidur fetal juga dapat mencegah penyumbatan saluran pernapasan yang membuat penderita sleep apnea berhenti bernapas beberapa kali.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa posisi tidur fetal atau meringkuk memang memiliki beragam manfaat. Namun, tidak semua orang dapat merasakan manfaatnya melainkan hanya beberapa kelompok orang-lah yang disarankan untuk tidur dengan posisi tersebut. Jadi, apakah kalian salah satunya?