Halo, Sobat TURU! Mungkin sebagian besar orang akan lebih memperhatikan kasur yang digunakan dibandingkan rangka tempat tidurnya. Banyak yang mengira rangka tempat tidur hanyalah sebuah aksesoris tambahan untuk desain kamar tidur. Padahal rangka tempat tidur adalah elemen yang sama pentingnya dengan kasur untuk menunjang kualitas tidur terbaik. Rangka tempat tidur memiliki fungsi utama untuk menopang kasur dengan baik dan barulah kualitas tidur yang baik juga akan ikut tercapai.

Ketahanan rangka tidur akan dipengaruhi oleh material yang digunakan. Jika rangka tempat tidur sudah terlalu lama yang melewati ketahanan material yang digunakan, maka akan memperburuk kualitas tidur. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan beberapa tanda yang menunjukkan bahwa rangka tempat tidur kalian sudah harus diganti. Yuk, simak sampai habis ya Sobat TURU…

3 Tanda Rangka Tidurmu Sudah Harus Diganti

  • Kasur ambruk / tenggelam

Jika kasur kalian sudah terlihat atau terasa tenggelam saat kalian berbaring diatasnya, maka dapat menjadi salah satu tanda yang perlu diperhatikan. Bisa saja rangka tidurmu sudah tidak lagi menopang kasur dengan sempurna dan tidak memberikan dukungan yang memadai. Pastikan juga bahwa yang bermasalah bukan di kasur kalian ya.

  • Tidur tidak nyenyak

Kualitas tidur yang menurun seiring bertambahnya usia rangka tidur dapat menjadi salah satu tanda yang bisa kalian perhatikan. Jika kasur baru diganti atau masih baik-baik saja, maka kalian perlu memeriksa rangka tidur kalian. Bisa saja rangka tidur sudah tidak bisa menopang kasur dan tubuh kalian. Sehingga mengganti rangka tidur dapat menjadi salah satu solusi untuk mengembalikan tidur nyenyak kalian.

  • Tempat tidur yang memunculkan suara

Tidak jarang menemukan beberapa tempat tidur dapat memunculkan suara berderit saat kalian menggunakannya. Suara yang muncul dapat menjadi tanda utama bahwa rangka tempat tidur kalian sudah tidak layak digunakan. Hal ini disebabkan karena suara tersebut dapat mengganggu tidur kalian dan menunjukkan adanya kerusakan pada rangka tidur.

Beberapa tanda di atas dapat menjadi pertimbangan Sobat TURU untuk mengganti rangka tempat tidur. Kalian juga bisa meningkatkan ketahanan rangka tempat tidur dengan membersihkan secara benar, memeriksa secara teratur dan mengikuti batasan berat sesuai dengan pedoman rangka tempat tidur. Dengan begitu, kalian bisa mengatasi dan mencegah agar rangka tempat tidur menjadi lebih tahan lama dan awet.