Halo, Sobat TURU! Biasanya berapa lama sih waktu yang kalian butuhkan untuk tidur pulas di malam hari? Apakah kalian tim yang baring langsung tertidur pulas atau tim yang butuh waktu banyak untuk tertidur? Mau tim mana-pun, kalian tetap perlu mengetahui waktu yang seharusnya dibutuhkan untuk tertidur loh! Yuk, simak berikut ini untuk penjelasan lebih lanjutnya.

Berapa Lama Waktu Untuk Tertidur?

Setiap orang tentunya membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk tidur terlelap di malam hari. Bagi mereka yang sangat sulit untuk tertidur pulas di malam hari tentu akan merasakan perasaan yang tidak enak. Namun, bukan berarti mereka yang sangat lama tertidur itu buruk dan mereka yang sangat cepat tertidur itu baik. Karena keduanya memiliki dampak yang berbeda-beda.

Waktu ideal yang seharusnya dibutuhkan oleh orang untuk tidur terlelap adalah 15-20 menit setelah berbaring. Jika kalian tertidur dalam waktu 15-20 menit, maka menunjukkan bahwa tubuh kalian cukup ngantuk untuk segera tertidur. Dan hal itu jugalah yang bisa kalian gunakan untuk melihat bahwa pola dan kualitas tidur kalian sedang dalam kondisi yang baik karena tidak tertidur terlalu cepat dan terlalu lama.

Langsung tertidur saat baru saja baring dapat menjadi tanda yang berbahaya juga loh. Contohnya adalah tubuh yang sedang tidak dalam keadaan sehat atau adanya efek samping dari pengobatan. Ketika seseorang kekurangan waktu tidur, mereka juga akan lebih mudah untuk tertidur pulas meskipun baru berbaring. Hal ini disebabkan karena tubuhnya yang akan merasa lebih mudah lelah dan ngantuk.

Kenapa Sangat Sulit Untuk Tertidur?

  • Kondisi kesehatan mental dan fisik.

Pada umumnya, seseorang yang kesehatan mentalnya sedang buruk akan mengalami kesulitan untuk tidur. Misalnya: mereka yang sedang mengalami stress, kecemasan, ataupun kekhawatiran yang berlebih akan membuat tubuhnya sulit untuk rileks. Sehingga tubuhnya otomatis akan sulit untuk tertidur pulas. Begitupun dengan mereka yang kondisi fisiknya sedang buruk juga akan mempersulit untuk tidur terlelap.

  • Kebiasaan buruk sebelum tidur.

Jika kalian menerapkan kebiasaan yang tidak tepat sebelum tidur, maka secara tidak langsung akan membuat kalian sulit untuk tidur. Misalnya: mengkonsumsi kopi dekat waktu tidur, pola tidur yang tidak teratur atau melakukan berbagai aktivitas sebelum tidur (contohnya: nonton, main handphone, dll). Dengan melakukan aktivitas sebelum tidur, maka dapat mendorong otak untuk terus terbangun dibandingkan tidur.

Setiap orang memiliki kebiasaan sebelum tidur yang berbeda-beda. Namun, perlu dipastikan agar Sobat TURU menghindari kebiasaan buruk yang dapat mempersulit tidur kalian. Saat tubuh terlalu lama untuk tertidur di malam hari, maka akan mempengaruhi kualitas tidur juga. Oleh sebab itu, kalian perlu memperhatikan kebiasaan tidur agar tidak memberikan dampak negatif bagi tubuh ya.