Halo, Sobat TURU! Tidak jarang ditemukan orang meletakkan langsung kasur-nya di atas lantai tanpa menggunakan rangka tidur. Mungkin bagi sebagian besar orang, meletakkan kasur di lantai dapat memberikan kesan aesthetic bagi ruang tidur. Dan adapula mereka yang tidak ingin ribet sehingga tidak membeli rangka tidur untuk kasurnya. Mau apapun itu alasannya, kalian perlu mengetahui terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangan menaruh kasur langsung di lantai. Berikut adalah beberapa informasi yang perlu diketahui agar kasur dan kualitas tidur kalian tetap terjaga.

Pro Kontra Meletakkan Kasur Langsung di Lantai

Pro

  • Menghemat waktu dan uang. Menaruh langsung kasur di atas lantai membuat kalian tidak perlu untuk mengeluarkan uang lebih. Kalian juga tidak perlu untuk mengeluarkan banyak waktu memilih rangka tidur mana yang cocok untuk ruang tempat tidur.
  • Menghemat ruangan. Menggunakan dipan dapat memakan lebih banyak tempat. Sehingga menaruh kasur di lantai dapat memberikan kesan minimalis dan membuat ruang tidur terlihat lebih besar.
  • Membantu sakit punggung. Langsung menaruh kasur di lantai akan memberikan dukungan ekstra yang dibutuhkan. Hal ini disebabkan karena kasur di lantai dapat memberikan kesan lebih keras dan memberikan tingkat dukungan yang merata.

Kontra

  • Lebih susah untuk bangun dari kasur. Kasur yang sangat rendah dengan lantai akan membuat tubuh kita lebih sulit untuk bangun. Naik turun tempat tidur akan menjadi hal yang lebih sulit jika dibandingkan menggunakan rangka tidur.
  • Resiko munculnya serangga atau kutu. Jika kasur diletakkan di lantai, maka akan memudahkan serangga masuk ke tempat tidur. Ditambah lagi, kotoran di lantai yang menumpuk jika tidak sering dibersihkan akan mengundang serangga dan alergi. Sehingga harus sering dibersihkan dan dijaga kebersihan ruang tidur agar terhindar dari serangga dan alergi.
  • Dapat membatalkan garansi kasur. Meletakkan kasur di lantai dapat memungkinkan kerusakan yang lebih cepat. Karena beberapa kasur membutuhkan rangka tidur untuk memperpanjang ketahanannya.

Meletakkan kasur langsung di atas lantai memiliki pro kontra yang perlu kalian pertimbangkan. Selama dapat menjaga kebersihan kasur dan ruang tidur, maka dapat membantu mengurangi kerusakan dini pada kasur. Jadi jika memang kalian ingin menaruh kasur langsung di lantai, kalian perlu memastikan kekurangannya tidak mengganggu kualitas kasur dan tidur nyenyak kalian.