Halo Sobat TURU! Lagophthalmos nokturnal atau kondisi tertidur dengan mata terbuka dan jarang muncul secara tiba-tiba. Biasanya disebabkan oleh kerusakan saraf atau otot di wajah. Kondisi ini mungkin terkait dengan:

  • Stroke
  • Blepharoplasty (operasi kelopak mata kosmetik)
  • Penyakit neuromuskular seperti sindrom Kearns-Sayre dan amyotrophic lateral sclerosis (ALS)
  • Trauma atau cedera kepala atau wajah
  • Hipertiroidisme
  • Penggunaan alkohol dan/atau obat tidur

 

Lagophthalmos nokturnal dapat mempengaruhi satu mata atau keduanya. Dan jika tidak ditangani, hal ini dapat menyebabkan masalah penglihatan yang serius. “Jika kekeringan menjadi parah, dapat merusak kornea dan mengganggu penglihatan,” kata Cheuvront. “Ini juga dapat menyebabkan rasa sakit yang parah.”

 

Cara berhenti tidur dengan mata terbuka

Jika kamu curiga kamu mengalami lagophthalmos di malam hari, Cheuvront menganjurkan untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan. Dan jangan menundanya!

 

“Kita bisa menemukan solusinya – namun semakin dini kita memulai proses tersebut, semakin baik,” katanya. Jika tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan permanen, hingga dan termasuk kehilangan penglihatan.

 

Itu berita buruknya. Kabar baiknya adalah lagophthalmos nokturnal dapat diobati dengan beberapa cara berbeda. Cheuvront memberikan pilihan sebagai berikut:

  • Perubahan gaya hidup

Kualitas tidur yang buruk dapat memperburuk kondisi sehingga sebaiknya menghindari obat tidur dan alkohol dan mengambil langkah-langkah untuk memprioritaskan kualitas tidur yang baik.

  • Menutup kelopak mata secara fisik

Menurut Cheuvront, metode perawatan non-invasif yang dapat membantu menjaga kelopak mata tetap tertutup di malam hari adalah mencoba memakai Eyelid Tape dengan menutup kelopak mata di malam hari dengan selotip kecil. 

  • Operasi

Jika tidak ada perawatan lain yang berhasil, Cheuvront mengatakan melakukan operasi mungkin bisa membantu. Prosedur ini bertujuan melebarkan kelopak mata. Ketika ukurannya lebih besar, mereka akan menutupi seluruh mata atau mata saat kita tidur.

 

Jadi kalau kalian penderita lagophthalmos nokturnal, jangan menunda dan langsung konsultasikan dengan dokter ya agar dapat ditangani dengan benar. Pastikan kualitas tidurmu juga terjamin untuk kesehatan yang lebih baik, Sobat TURU!