Halo Sobat TURU! Kalian penasaran ga sih kenapa sehabis makan bisa bikin ngantuk? jangan lupa baca blog kemarin ya. Nah selain penyebab di blog kemarin, ada juga beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan kamu sering ngantuk setelah makan, misalnya kebiasaan melewatkan sarapan, kekurangan asupan zat besi, kurang minum air putih, dan sering mengonsumsi makanan cepat saji.

Meski semua makanan dicerna dengan cara yang sama, namun tidak semua makanan memengaruhi tubuh dengan cara yang sama. Ada beberapa jenis makanan yang justru membuat kamu lebih mudah mengantuk setelah mengonsumsinya.

Jenis makanan tersebut umumnya mengandung protein tinggi, seperti telur, bayam, tahu, keju, kedelai, dan ikan yang mengandung asam amino triptofan. Asam amino triptofan digunakan oleh tubuh untuk memproduksi serotonin yang berperan besar terhadap rasa kantuk.

Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, beberapa jenis makanan maupun minuman berikut juga bisa menimbulkan rasa kantuk setelah makan:

Pisang

Pisang dianggap bisa membuat kantuk karena kandungan kalium dan magnesiumnya yang dapat melemaskan otot, sehingga tubuh akan terasa lebih rileks dan memicu rasa kantuk.

 

Buah ceri

Buah ceri merupakan sumber alami melatonin yang sangat tinggi sehingga dapat membuat kamu mudah mengantuk. Jika ingin mengonsumsi buah ceri, sebaiknya konsumsi setelah makan malam dan sebisa mungkin hindari mengonsumsinya pada siang hari.

 

Minuman berenergi

Mungkin banyak yang berpikir bahwa minuman berenergi dapat membuat kamu lebih berenergi dan tetap terjaga, padahal kenyataannya sebagian besar minuman berenergi dibuat dari kafein, asam amino esensial, dan kadar gula yang tinggi. Pada awalnya, minuman jenis ini mungkin akan meningkatkan energi di tubuh kamu. Akan tetapi, efek tersebut hanya bersifat sesaat dan justru bisa membuat kamu merasa lelah dan mengantuk setelahnya.

 

Teh herbal

Salah satu teh herbal, yaitu chamomile, mengandung zat antioksidan yang disebut apigenin. Di dalam otak, epigenin berfungsi memicu respons otak yang mampu membuat kamu merasa lebih tenang. Hal inilah yang kemudian menyebabkan kamu ngantuk setelah meminumnya. Selain chamomile, teh herbal lavender juga bisa menimbulkan rasa kantuk. Hal ini berkat aromanya yang menenangkan.

 

Minuman beralkohol

Banyak orang meminum bir, anggur, atau minuman beralkohol lainnya untuk membantu agar bisa tidur dengan cepat dan pulas. Minuman beralkohol mungkin membantu tubuh merasa lebih rileks dan lebih mudah untuk tidur, namun tidur kamu justru mudah terganggu dan menyebabkan kamu merasa lelah atau tidak segar saat bangun.

 

Secara umum, habis makan ngantuk merupakan hal yang normal terjadi. Jika kamu sering mengalaminya, kamu mungkin bisa mengubah pola makan dan menjalani gaya hidup lebih sehat ya Sobat TURU!